Activity

  • Fraser Anderson posted an update 4 years ago

    Kue pie susu yaitu makanan khas dengan bahan dasar tepung dan telor yang ditambahkan bahan-bahan lain sehingga bisa menciptakan rasa yang betul-betul khas. Bagi yang berkunjung ke Bali, tentu kudapan manis pie susu Bali sangat mudah untuk dijumpai dan acap kali dibeli untuk oleh-oleh sesudah berkunjung ke Bali. Nama lain dari pie susu yaitu egg tart, yang mana makanan sedap ini tak dikenal persis bagaimana berkaitan perkembangannya sampai masuk ke Indonesia. Hal ini terjadi sebab ada banyak versi sejarah yang membeberkan perkembangannya. Ketika ini, banyak yang mengatakan bahwa kudapan manis camilan khas Bali ini mulanya berasal dari Eropa.

    Sedangkan demikian, tak sedikit orang yang mengungkapkan bahwa kudapan manis pie ini berasal dari Yunani, Asia Timur terpenting Hongkong, bahkan Portugis. Hal ini tentu menjadi hal yang amat membingungkan, karena ada banyak versi sejarahnya. Pasalnya, kudapan manis sejenis pie susu amat sering kali ditemui di Hongkong dan berjenis-jenis negara di Asia Timur lainnya.

    Pada dasarnya, pie susu ini yakni kerak kudapan manis yang pada komponen luarnya berisi custard telor, dan untuk pelaksanaan memasaknya yaitu dengan sistem dipanggang. Hakekatnya, pie susu ini diberi tahu oleh orang yang bernama Tengs Cha Chaan yang berasal dari Hongkong di tahun 1940-an. Sesudah itu,
    Pie Susu Bali kemudian dibawa ke beragam negara Barat dan dijajakkan di beragam restoran, warung kue, bahkan restoran. Ketika tahun 1950-an sampai 1960-an, rupanya mini pie susu buatan Lu Yu Teahouse sukses memimpin penjualan.

    Ada yang menyimpulkan bahwa sebenarnya pie susu Bali ini memang berasal dari Hongkong, tetapi lebih tepatnya mengadaptasi tart custard yang asalnya dari Inggris. Canton diperkirakan memiliki kontak dengan orang Inggris yang berkemungkinan membawa cara kerja adaptasi hal yang demikian. Apalagi Hongkong adalah eks koloni dari Inggris, sehingga dengan betul-betul mudah Hongkong mengadopsi makanan hal yang demikian.

    Perlu diketahui bahwa pie susu ini mempunyai varian rasa yang dapat disesuaikan dengan selera setiap orang. Pie susu kemudian mempunyai varian antara lain pie madu telor, pie putih telur, pie coklat, pie green tea, dan pie jahe. Seluruh varian rasa tersebut benar-benar digemari oleh masyarakat. Dikala berkunjung ke Bali untuk bertamasya ataupun dalam rencana lain, maka harus untuk membawa oleh-oleh pie susu ketika pulang. Tidak komplit rasanya kalau tidak membawa oleh-oleh ini. Apalagi pie susu diketahui sebagai salah satu makanan khas Bali yang betul-betul popular.

    Di Hongkong, pembuatan kerak pada pie susu ini memakai lemak babi, sehingga nonhalal. Namun tidak perlu cemas, karena di Bali pembuatan kerak pie memakai mentega, sehingga bisa dikonsumsi oleh siapa malah sebab halal. Oleh sebab itu, apabila linglung mencari oleh-oleh untuk keluarga, teman, atau saudara, maka pie susu Bali menjadi pilihan yang sungguh-sungguh pas. Kecuali sebagai makanan khas yang cukup popular, pie susu ini mempunyai rasa yang enak dan tentunya disukai segala orang.