Activity

  • Serrano Dotson posted an update 3 years, 11 months ago

    UKMPPD atau Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Pekerjaan Dokter merupakan unsur yang sungguh-sungguh penting dalam memastikan arah dari seorang calon dokter kedepannya. Untuk mengerjakan hal hal yang demikian maka terdapat tokoh yang bekerja untuk mengerjakan persiapan khusus dalam pelaksanaan kesibukan vital ini sebelum UKMPPD dijalankan, ialah PNUKMPPD.

    Pelaksanaan serta penentuan hasil dari para peserta calon dokter yang meniru UKMPPD ini betul-betul berdampak besar untuk hidup kedepannya dari tiap-tiap calon dokter di seluruh Indonesia. Dengan demikian dengan adanya ujian ini karenanya tidak ada ruang dan tempat kesalahan sekecil apa bahkan dan kekeliruan yang akan terjadi dalam format apa malahan.

    Dengan demikian karenanya menjadi bobot tanggung jawab yang sangat besar bagi para tokoh pnukmppd ini. Lalu bagaimana sebenarnya pnukmppd ini. Mungkin untuk istilah Ukmppd telah tak asing lagi bagi mereka yang bergelut dalam profesi kedokteran. Akan tetapi bagaimana dengan istilah pnukmppd ini. Dan pun istilah ini tak pernah ada dalam benak sebagian masyarakat awam.

    Pnukmppd ini adalah sebuah hal yang benar-benar penting dalam mempersiapkan diri dengan para peserta ukmppd dalam semua aspek mulai dari persiapan mental sampai persiapan materi. Tersebut terlibat menjadi komponen dari pnukmppd ini yaitu sekelompok orang dimana secara khusus ditunjuk dalam merencanakan dan juga mengadakan ukmppd. Dalam mempersiapkannya juga perlu dilengkapi dengan banyaknya unsur-faktor sebagai penentu dalam penunjukan tersebut. Lembaga ini sebab tujuan dengan diadakannya ukmpld ini adalah demi meningkatkan kualitas dan juga kualitas para mahasiswa program profesi dokter yang akan menyandang gelar dokter, demi meningkatkan kwalitas mutu seiring dengan berjalannya waktu.

    Oleh sebab itu karenanya tidak perlu dikhawatirkan mengenai pemilihan dari pnukmppd ini sebab akan berisi mengenai representasi dari Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia, serta perwakilan dari panitia lokal dari setiap Fakultas Kedokteran Pelaksana Uji Kompetensi. Lalu bagaimana dengan panitia lokal. Apakah termasuk dosen dari Fakultas Kedokteran yang akan menjadi pnukmppd ini. Betul sekali, sebab panitia ini dikoordinasikan oleh seorang Dekan dari Fakultas Kedokteran pada setiap perguruan tinggi yang akan menjadi pelaksana dalam ukmppd hal yang demikian.

    Disamping itu, pnukmppd ini juga sepatutnya memiliki kode etik tersendiri seperti layaknya panitia pada acara-acara lainnya atau sebagian besar dari pekerjaan dari seluruh dunia. Panitia nasional dari ukmppd ini harus memiliki kode etik untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya terkait dengan cara kerja pn
    ukmppd ini.

    Sehingga para mahasiswa calon dokter tak perlu khawatir untuk segala kemungkinan yang akan diperlakukan secara sewenang-wenang dari pnukmppd karena semua pihak yang akan terlibat menjadi komponen dari panitia nasional sebab patut terikat dan semestinya untuk tunduk dengan kode etik yang telah ditentukan, seperti kejujuran, kebenaran, integritas, keadilan, loyalitas, kehormatan, kebajikan, kerja sama, dan saling menghormati, serta independen untuk tak terlibat pada kesibukan yang sejenis seperti nasihat belajar.