Activity

  • Flood Melvin posted an update 4 years ago

    Pemantapan Lab Kwalitas yakni sebuah usaha yang dilaksanakan dengan prosedur yang terjadwal dengan tujuan untuk memantau penampilan dari sebuah laboratorium yang ada. Dalam prosedur hal yang demikian ada sebagian langkah yang patut Anda cermati dengan baik dikala akan mengerjakannya. Dan hal ini menjadi satu prosedur yang semestinya dilaksanakan mengingat ada banyak elemen yang semestinya dipantau dan diawasi dengan baik. Sehingga perlu suatu prosedur tersendiri untuk mendapatkan pemantapan lab mutu yang optimal.

    Prosedur yang harus dijalankan dalam menjalankan pemantapan mutu terbagi menjadi 2 yaitu pemantapan kualitas secara internal dan eksternal. Untuk pemantapan kualitas secara internal dilakukan dengan proses sistem pengawasan dan pengontrolan yang dilaksanakan oleh pihak lab untuk membatasi dan mengawasi mutu hasil penelitian yang dijalankan tiap hari. Semisal ini dilaksanakan secara rutin untuk mendapatkan hasil penelitian yang ideal dan akurat.

    Pemantapan kwalitas secara internal juga akan meminimalkan terjadinya kesalahan pada pemeriksaan atau penelitian yang dijalankan. Diantaranya jika terjadi kesalahan teknik yang meliputi kekeliruan acak dan sistematik. Dan sekiranya terjadi kesalahan non teknik. Umumnya kesalahan pengambilan sampel dan kekeliruan dalam penulisan hasil penelitian yang dilakukan. Contohnya itu akan memberikan pengalaman lebih menyeluruh pada semua pihak yang berkaitan.

    Kemudian untuk tipe pemantapan laboratorium kualitas eksternal merupakan seluruh cara kerja sistem pengawasan dan pembatasan kualitas hasil penelitian yang dilaksanakan oleh pihak luar lab seperti umpamanya pihak pemerintah atau pekerjaan. Lab pemantapan kwalitas eksternal dijalankan oleh Setelah Lab Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Sehingga yang melakukannya pastinya mereka yang telah spesialis dan kompeten di bidangnya.

    Adapun untuk macam bidang yang akan dijalankan pemantapan kualitas eksternal yaitu bidang hematologi dan kimia klinik. Nantinya hasil pengawasan dan pengontrolan kualitas akan dilaksanakan cocok prosedur untuk memberikan nilai baik, sedang atau buruk pada kualitas laboratorium tersebut. Karenanya itu akan diberi akta sebagai penanda sudah mengikuti prosedur pemantapan mutu eksternal pada seluruh laboratorium yang ada di semua tempat.

    Laboratorium perlu diselenggarakan adanya pemantapan kualitas pada lab yang ada? Sebagaimana yang dikenal, lab sendiri memiliki tugas untuk menjalankan pengawasan dan penelitian pada variasi produk yang akan didistribusikan di kalangan masyarakat. Untuk memantau bahwa lab khusus uji coba mutu bisa melakukan tugasnya dengan baik dan benar maka wajib dikerjakan pengawasan secara menyeluruh.

    labmutu dari itu amat penting untuk dikerjakan pengawasan dari dua belah pihak yang mana berasal dari pihak lab itu sendiri dan dari pihak luar yang mana berasal dari pemerintah. Sehingga hasil penelitian atas kwalitas produk yang mereka uji coba benar-benar dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. sebagian langkah yang dapat dilakukan untuk prosedur pemantapan Lab Kwalitas. Semoga berguna.